SMKN 1 SAPURAN

SMKN 1 SAPURAN
KENDARAAN RINGAN, BUSANA BUTIK, AKUNTANSI, TEKNIK SEPEDA MOTOR

Selasa, 18 Januari 2011

Ayo Mulang


MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF
 EXAMPLES NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan
 PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Menyajikan materi sebagai pengantar
  3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan/rangkuman

NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA BERNOMOR)
(SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah :
  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
  4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
  5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
  6. Kesimpulan

COOPERATIVE SCRIPT
(DANSEREAU CS., 1985)
Skrip kooperatif :
metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
  2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
  1.  
    • Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
    • Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  2. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  3. Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
  4. Penutup

KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah :
  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua  mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
  1. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
  2. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
  3. Kesimpulan

STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
 (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
  1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
  2. Guru menyajikan pelajaran
  3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
  4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
  5. Memberi evaluasi
  6. Kesimpulan
JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)
Langkah-langkah :
  1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
  2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
  3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
  5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  7. Guru memberi evaluasi
  8. Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR GURU

NO NAMA/ NIP GOL JABATAN JURUSAN
1 Drs. BAMBANG SRIYONO, MM IV/a Pembina PRODUKTIF AK
19590624 198703 1 003
2 SITI DAIMAH, A.Md. IV/a Pembina PAI
19520105 197109 2 001
3 NUK ALFIAH, S.Pd III/c Guru Dewasa MATEMATIKA
19750226 200312 2 005
4 DEDY NURPRIJATNO, S.Pd. III/c Guru Dewasa KKPI
19701004 200501 1 007 IPS
5 SOPANDI, S.Pd III/c Guru Dewasa LOGAM
19720511 200501 1 011 PCPT, PCSPT
6 SITI NGAISAH, S.Pd. III/c Guru Dewasa PRODUKTIF TB
19740314 200501 2 015
7 LUTHFI KURNIAWAN, S.Pd. III/c Guru Dewasa BHS INGGRIS
19750419200501 1 004
8 HARYANTO, S.Kom. III/c Guru Dewasa KKPI
19771221 200501 1 007
9 DEWI ENDANG SRI REJEKI, S.Pd. III/a Penata Muda BHS INGGRIS
19681102 200604 2 004
10 ESTI ROKHAYAH, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PRODUKTIF AK
19710504 200604 2 017
11 ZAZID FAUZI, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 BHS INDONESIA
19730504 200604 1 011 KKPI
12 Drs. YUGIYANTO III/b Penata Muda Tk 1 PENJASKESOR
19650510 200701 1 025
13 SUKOCO, S.Pd III/b Penata Muda Tk 1 PKN
19660115 200701 1 017
14 SUHARNO, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PRODUKTIF AK
19680221 200701 2 012
15 Dra. SUHARNI III/b Penata Muda Tk 1 KWU
19690819 200701 2 018
16 AKVI YULIYANTI, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 KWU
19730710 200701 2 011 DKK AK
17 NURUL HAYATI, S.E. III/a Penata Muda PRODUKTIF AK
19760810 200604 2 040
18 RIWI DIGDO, S.T. III/b Penata Muda Tk 1 MTD, PCSPT
19730514 200604 1 006
PMO, PMM

19 AGUS RIYANTO, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PKN
19710828 200604 1 017 IPS
20 DWI RESMI KURNIAWATI, S.Pd III/a CPNS BHS INDONESIA
19810823 200903 2 006
21 SUBAGIYO, S.T III/a CPNS MTD, PPSK
19780329 200903 1 004 PSKO
22 TRI RAHAYUNINGSIH, S.Pd. III/a CPNS BP
19810706 200903 2 007
23 ELLIANI DWI PAHLEVIE, S.Pd. III/a CPNS MATEMATIKA
19820915 200903 2 003
24 SHAEFURROHIM, S.Pd III/a CPNS BP
19760902 201001 1 006
25 YULIYATI, S.Pd III/a CPNS KIMIA
19810502 201001 2 022 IPA
26 MARINA ULFAH H, S.Pd. III/a CPNS BAHASA INGGRIS
19830126 201001 2 019
27 RAHMAT BUDI RAHARJO, S.Pd.Si. III/a CPNS FISIKA
19840917 201001 1 009 IPA
28 NOVA DEWI PUSPITASARI, S.Pd III/a CPNS MATEMATIKA
19850219 201001 2 019
29 SALIS ZAENAL M,S.Pd III/a CPNS OLAHRAGA
19850316 201001 1 013
30 ARI LESTARI,S.Pd III/a CPNS AKUNTANSI
19870525 201001 2 027 Komp. Akuntansi
31 ENI SRI LESTARI, S.Kom. III/a CPNS S1 Komputer
19840313 201101 2 007
32 KHOLID SULAIMAN, S.Pd.I. III/a CPNS S1 PAI
19850409 201101 1 013
33 ASRUL ARDIANA, S.Pd. III/a CPNS S1 AKUNTANSI
19850806 201101 1 009
34 TOTOK SUGIARTO, S.Pd. III/a CPNS S1 BP
19860425 201101 1 005
35 ATUN SRI ATUN, S.Pd. III/a CPNS AKUNTANSI
19860915 201101 2 018


36 NOOR LAILY E, S.Pd. III/a CPNS TATA BUSANA
19861222 201101 2 014
31 SUDARMAN, S.Pd.I. II/b Pengatur Muda Tk 1 PAI
19590912 198810 1 001
32 Drs. SIGIT SUTADI GTT BHS JAWA
33 RINTO YANUARDI, S.T. GTT PCPT, PCSPT
PMO, PPM, PPSK
34 PAULI WENAS ANWARI, S.T. GTT PCPT, PCSPT
PDO, PCSPT
35 AMIN ABDILAH LAILA, S.T. GTT PPSK, PSKO
36 EKO BUDIARTI, S.Pd. GTT PRODUKTIF TB
37 ESAS MAHITRI, S.Si. GTT IPA
38 ARIS SANTOSO, S.Pd. GTT SBD
Bahasa Jawa
39 NOFI TRIWAHYUNI, S.Pd. GTT PRODUKTIF TB
40 MULYONO, S.Pd. GTT MTK
41 MALGAMASIH, S.Pd. GTT BHS INGGRIS
42 EDI NATALIS S. GTT P.LOGAM, SBD
PPSK, PSKO