SMKN 1 SAPURAN

SMKN 1 SAPURAN
KENDARAAN RINGAN, BUSANA BUTIK, AKUNTANSI, TEKNIK SEPEDA MOTOR

Kamis, 26 Agustus 2010

DESIMINASI KURIKULUM



HASIL DISKUSI DESIMINASI KURIKULUM
KELOMPOK XIII

No
NAMA
UNIT KERJA
TELEPHONE
1
ZAZID FAUZI, S.Pd
SMKN 1 SAPURAN WONOSOBO
08122943050
2
SUPRIYANTO, S.Pd
SMKN 1 SAK REMBANG
081326193998
3
FAKHRURROJI, S.Pd
SMK DIPONEGORO LEBAKSIU TEGAL
081803990784
4
PURWAHONO
SMKN 1 PURWOJATI BANYUMAS
081391625094
5
SURYO SUWANDITHO, S.Pd
SMK DIPONEGORO SALATIGA
081802471171
6
NUROKHIM
SMK NUSANTRA 1 COMAL
08157733922
7
YENI PUJI ASTUTI, S.Pd
SMKN 2 PEKALONGAN
081575241986
8
MUH TOHIR, S.Pd
SMK DINAMIKA TEGAL

9
IMAM SUPIJADI
SMK SWADAYA PURWOKERTO
08122993553
10
IRIANTO
SMK MUH 1 SALAM MAGELANG
081328538666
11
HENDRIK ADI PRASETYO, S.Pd
SMK MUH 1 MUNTILAN MAGELANG
081328065597
12
VICTOR HARUMAN
SMKN 1 SALATIGA







1.      Bagaimana langkah penyusunan KS. 2008?
Langkah yang digunakan untuk menyusun KS. 2008 meliputi:
a.       Membuat Tim
b.      Menyiapkan dan mempelajari
-          UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas,
-          PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
-          Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi beserta lampirannya,
-          Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang SKL,
-          Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23
-          Spektrum Keahlian Pendidikan menengah Kejuruan
-          Panduan KTSP
-          Model-model KTSP
c.       Mengkaji dokumen tersebut secara bersama-sama dalam bentuk rapat kerja atau workshop,dengan mencermati:
-          Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
-          Kebijakan dasar pemerintah di bidang pendidikan
-          Tujuan tingkat satuan pendidikan
-          Standar kompetensi lulusan
-          Struktur kurikulum dalam standar isi
-          Cakupan mata pelajaran yang ada pada satuan pendidikan
-          Standar kompetensi mata pelajaran
-          SK dan KD dalam mata pelajaran
-          Kompetensi keahlian
-          Ruang lingkup materi pelajaran
-          Beban belajar
-          Kalender pendidikan
d.      Mengkaji  buku panduan penyusunan KTSP
-          Landasan
-          Tujuan Panduan Penyusunan KTSP
-          Pengertian
-          Prinsip Pengembangan KTSP
-          Acuan Operasional Penyusunan KTSP
-          Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
-          Struktur dan Muatan KTSP
-          Kalender Pendidikan
-          Pengembangan Silabus
-          Pelaksanaan Penyusunan KTSP
e.       Melakukan analisis konteks
-          Analisis potensi dan kekuatan/kelemahan yg ada di sekolah, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program yg ada di sekolah.
-          Analisis peluang dan tantangan yg ada di masyarakat dan lingkungan sekitar, komite sekolah/madrasah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.
-          Mengidentifikasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan sbg acuan dlm penyusunan KTSP
f.       Tim penyusun penyiapan dan penyusunan draf, reviu dan revisi, serta finalisasi

2.      Bagaimana sistematika penyusunan KS. 2008?
Sistematika penyusunan ks dapat ditempuh dengan cara sebagai berikut:
a.       Melakukan analisis konteks
b.      Pembentukan tim
-          Penyusunan Draft
-          Revisi dan Finalisasi
c.       Naskah KTSP diberlakukan

3.      Bagaimana Implementasi Standar Isi dalam pelaksanaan KS. 2008?
Telah sesuai meliputi
a.       Kerangka Dasar Kurikulum
-          5 Kelompok mapel :
Agama dan Ahlak Mulia, Kewarganegaraan  dan Kepribadian,  Iptek, Estetika, Jasmani Olahraga Kesehatan
b.      Struktur Kurikulum
-          Kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai siswa dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum
-          Merupakan pola dan susunan matapelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran
-          Kompetensi terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
-          Muatan Lokal dan Pengembangan Diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum sekolah
c.       Beban Belajar
kegiatan pembelajaran dengan sistem :
 Tatap Muka (TM)
 Penugasan Terstruktur (PT)
 Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
d.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
e.       Kalender Pendidikan


4.      Bagaimana Implementasi Standar Kompetensi Lulusan dalam pelaksanaan KS. 2008?
a.          Gubernur dapat mengatur SKL untuk satuan pendidikan menengah dan satuan pendidikan khusus disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan satuan pendidikan di provinsi masing-masing.
b.         Bupati/walikota dapat mengatur SKL untuk satuan pendidikan dasar disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan satuan pendidikan di kabupaten/Kota.


5.      Bagaimana Implementasi Standar Proses dalam pelaksanaan KS. 2008?

KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan seperti meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak, keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut bagi siswa.

Pengembangan KTSP tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yakni setiap sekolah mengembangkan KTSP berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

"Sayangnya belum semua guru mampu melaksanakannya dengan baik, bahkan tidak sedikit guru yang masih memakai metode pengajaran yang menggunakan sistem lama yakni menggunakan metode ceramah," katanya.

Guru dituntut harus mampu menyusun dan mengembangkan serta mengimplementasikan KTSP sesuai ketentuan yang berlaku, sekaligus menyempurnakan KTSP dengan kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah.

Hal itu penting dilakukan oleh semua guru, baik bagian kurikulum, kesiswaan, bimbingan konseling maupun guru normatif, dan adaptif yang pemberlakuan KTSP dan pengembangannya menjadi kewajiban masing-masing sekolah.

"Selain dituntut adanya perencanaan dan pelaksanaan, pengawasan secara terpadu juga harus dilakukan sehingga penyusunan KTSP dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien,"

6.      Bagaimana Implementasi Standar Penilaian dalam pelaksanaan KS. 2008?
1)      Standar Penilaian ( Permendiknas No. 20 Tahun 2007 ) Terdapat berbagai teknik penilaian (tes, observasi, penugasan per-orangan atau kelompok).
2)      Teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan tuntutan indikator
3)      Melampirkan contoh alat penilaian  yang sesuai dengan indicator akan tetapi
4)      "Belum semua guru dan pengelola sekolah mampu melaksanakannya dengan baik, bahkan tidak sedikit warga sekolah yang belum memahami standar penilaian bahkan beranggapan tamat disatuan pendidikan adalah lulus UN  ”
5)      Belum semua pendidik melakukan prosedur penilaian

a.       Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan criteria penilaian pada awal semester
b.      Mengembangkan indikator pencapaian KD dan pemilihan teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus mata pelajaran
c.       Menembangkan  instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih
d.      Melaksanakan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan
e.      Mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik
f.        Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/ komentar yang mendidik
g.       Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
h.      Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi utuh
i.         Melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan digunakan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat baik, baik, atau kurang baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR GURU

NO NAMA/ NIP GOL JABATAN JURUSAN
1 Drs. BAMBANG SRIYONO, MM IV/a Pembina PRODUKTIF AK
19590624 198703 1 003
2 SITI DAIMAH, A.Md. IV/a Pembina PAI
19520105 197109 2 001
3 NUK ALFIAH, S.Pd III/c Guru Dewasa MATEMATIKA
19750226 200312 2 005
4 DEDY NURPRIJATNO, S.Pd. III/c Guru Dewasa KKPI
19701004 200501 1 007 IPS
5 SOPANDI, S.Pd III/c Guru Dewasa LOGAM
19720511 200501 1 011 PCPT, PCSPT
6 SITI NGAISAH, S.Pd. III/c Guru Dewasa PRODUKTIF TB
19740314 200501 2 015
7 LUTHFI KURNIAWAN, S.Pd. III/c Guru Dewasa BHS INGGRIS
19750419200501 1 004
8 HARYANTO, S.Kom. III/c Guru Dewasa KKPI
19771221 200501 1 007
9 DEWI ENDANG SRI REJEKI, S.Pd. III/a Penata Muda BHS INGGRIS
19681102 200604 2 004
10 ESTI ROKHAYAH, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PRODUKTIF AK
19710504 200604 2 017
11 ZAZID FAUZI, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 BHS INDONESIA
19730504 200604 1 011 KKPI
12 Drs. YUGIYANTO III/b Penata Muda Tk 1 PENJASKESOR
19650510 200701 1 025
13 SUKOCO, S.Pd III/b Penata Muda Tk 1 PKN
19660115 200701 1 017
14 SUHARNO, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PRODUKTIF AK
19680221 200701 2 012
15 Dra. SUHARNI III/b Penata Muda Tk 1 KWU
19690819 200701 2 018
16 AKVI YULIYANTI, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 KWU
19730710 200701 2 011 DKK AK
17 NURUL HAYATI, S.E. III/a Penata Muda PRODUKTIF AK
19760810 200604 2 040
18 RIWI DIGDO, S.T. III/b Penata Muda Tk 1 MTD, PCSPT
19730514 200604 1 006
PMO, PMM

19 AGUS RIYANTO, S.Pd. III/b Penata Muda Tk 1 PKN
19710828 200604 1 017 IPS
20 DWI RESMI KURNIAWATI, S.Pd III/a CPNS BHS INDONESIA
19810823 200903 2 006
21 SUBAGIYO, S.T III/a CPNS MTD, PPSK
19780329 200903 1 004 PSKO
22 TRI RAHAYUNINGSIH, S.Pd. III/a CPNS BP
19810706 200903 2 007
23 ELLIANI DWI PAHLEVIE, S.Pd. III/a CPNS MATEMATIKA
19820915 200903 2 003
24 SHAEFURROHIM, S.Pd III/a CPNS BP
19760902 201001 1 006
25 YULIYATI, S.Pd III/a CPNS KIMIA
19810502 201001 2 022 IPA
26 MARINA ULFAH H, S.Pd. III/a CPNS BAHASA INGGRIS
19830126 201001 2 019
27 RAHMAT BUDI RAHARJO, S.Pd.Si. III/a CPNS FISIKA
19840917 201001 1 009 IPA
28 NOVA DEWI PUSPITASARI, S.Pd III/a CPNS MATEMATIKA
19850219 201001 2 019
29 SALIS ZAENAL M,S.Pd III/a CPNS OLAHRAGA
19850316 201001 1 013
30 ARI LESTARI,S.Pd III/a CPNS AKUNTANSI
19870525 201001 2 027 Komp. Akuntansi
31 ENI SRI LESTARI, S.Kom. III/a CPNS S1 Komputer
19840313 201101 2 007
32 KHOLID SULAIMAN, S.Pd.I. III/a CPNS S1 PAI
19850409 201101 1 013
33 ASRUL ARDIANA, S.Pd. III/a CPNS S1 AKUNTANSI
19850806 201101 1 009
34 TOTOK SUGIARTO, S.Pd. III/a CPNS S1 BP
19860425 201101 1 005
35 ATUN SRI ATUN, S.Pd. III/a CPNS AKUNTANSI
19860915 201101 2 018


36 NOOR LAILY E, S.Pd. III/a CPNS TATA BUSANA
19861222 201101 2 014
31 SUDARMAN, S.Pd.I. II/b Pengatur Muda Tk 1 PAI
19590912 198810 1 001
32 Drs. SIGIT SUTADI GTT BHS JAWA
33 RINTO YANUARDI, S.T. GTT PCPT, PCSPT
PMO, PPM, PPSK
34 PAULI WENAS ANWARI, S.T. GTT PCPT, PCSPT
PDO, PCSPT
35 AMIN ABDILAH LAILA, S.T. GTT PPSK, PSKO
36 EKO BUDIARTI, S.Pd. GTT PRODUKTIF TB
37 ESAS MAHITRI, S.Si. GTT IPA
38 ARIS SANTOSO, S.Pd. GTT SBD
Bahasa Jawa
39 NOFI TRIWAHYUNI, S.Pd. GTT PRODUKTIF TB
40 MULYONO, S.Pd. GTT MTK
41 MALGAMASIH, S.Pd. GTT BHS INGGRIS
42 EDI NATALIS S. GTT P.LOGAM, SBD
PPSK, PSKO